Rabu, 04 Mei 2022

Refleksi Filosofis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

 1. Pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelahmempelajari  secara mendalam pemikiran - pemikiran Ki Hadjar Dewantara adalah :

a. Pengajaran merupakan bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses pendidikan dalam memberi ilmu yang berfaedah untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Pendidikan memberikan tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki agar anak mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

b. Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat, maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas - luasnya.

c. Tujuan pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak - anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi - tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

d. Guru sebagai penuntun bagi anak - anak untuk tumbuh atau hidup nya kuatan kodrat yang ada pada anak -anak agar dapt memperbaiki lakunya hidup dan tumbuhnya  kekuatan kodrat anak.

e. Pembelajaran berhamba pada anak. Anak sebagai fokus dalam pencapaian pembelajaran. Dengan kata lain anak sebagai sumber belajar bukan gurunya.

f. Guru sebagai panutan harus selalu dapat mengikuti perkembangan zaman.

g. Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman.


2. Kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini yaitu:

a. Dari segi internal, saya orang yang sangat totalitas dan pekerja keras. Saya juga berkemauan keras dan selalu suka mengerjakan hal - hal baru. Saya sangat bertanggung jawab akan pekerjaan yang diberikan kepada saya. Saya juga sangat bersahabat. Semua kekuatan ini sangat membantu saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru.

b. Dari segi eksternal, dukungan keluarga, sesama guru CGP, PP, rekan guru serta siswa - siswa menjadi kekuatan saya juga untuk dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru.


3. Hal - hal yang saya ubah dari diri saya adalah :

a. Terlalu serius dalam pembelajaran. Proses pembelajaran terkadang tidak kreatif.

b. Kurang berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran. Saya yang lebih banyak sebagai sumber informasi karena ketidaksabaran saya dalam menunggu mereka untuk dapat menguasai  pembelajaran,

c. Pola mengajar dan evaluasi yang hanya berfokus pada nilai kognitif saja.

d. Masih kurang literasi.

e. Tidak ada asesment awal saat mengadakan pembelajaran.


4. Perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara antara lain:

a. Belajar melibatkan anak lebih sering dalam pembelajaran.

b. Mengadakan pembelajaran yang kreatif dan menarik bagi anak.

c. Fokus pada proses pembelajaran anak bukan pada nilai akhir.

d. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan dan latar belakang anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

  Mewujudkan Budaya Positif di Kelas XII IS 2 SMA Negeri 1 Namorambe       Awal tahun pembelajaran semester ini telah dimulai. Sesuai dengan...